Solo Raya

Sambut Hari Bumi, Sekolah Alam Aqila Bagikan Tas Belanja dan Sayur Organik

KLATEN – Sekolah Alam Aqila membagikan paket tas belanja dan sayur organik hasil kebun Aqila farm , Rabu, 20 April 2022.

Kegiatan ini selain merupakan  salah satu rangkaian  kegiatan semarak ramadhan juga dalam  rangka memperingati Hari Bumi dan  milad 1 th Aqila Farm berbagi hasil kebun.

Beberapa  program diantaranya berbagi sayur organik dari hasil kebun sekolah yang rutin dilaksanakan setiap Jumat,  sebagai kampanye konsumsi sayuran sehat dan  memakmurkan bumi.

“Menunjukan ke masyarakat luas bahwa  menanam organik itu bisa. Harapannya  banyak petani yang akan tergerak untuk back to nature  kembali   bertanam dengan memanfaatkan semua bahan yang telah Allah sediakan di alam,” ujar  Dir Pendidikan Sekolah Alam Aqila, Umi Mia, Rabu (20/4).

Sejumlah 130 paket dibagikan oleh murid KB, TK dan SD Alam Aqila di 6 titik  yaitu di  dk.Bentangan, dk. Sekaran, dk.Tanggul, dk. Suruh, dk Jetis dan dk. Tinggen dengan  mengambil basedcamp di  rumah orang tua murid.

Siswa Sekolah Alam Aqila

“Kegiatan diawali dengan doa pembuka lanjut briefing , persiapan dan pembagian lalu ditutup dengan refleksi untuk menarik hikmah, hal apa saja yang bisa diambil pelajaran selama berkegiatan,”tambanya.

Selain itu,  setiap  murid juga  harus mempersiapkan sendiri isi tasnya mulai dari menempel stiker sayur organik aqila farm pada sayur, sampai memasang label campaign pesan peringatan hari bumi yang kami usung tahun ini.

Dengan didampingi fasilitator (guru) dan pengurus Komite Sekolah, murid-murid membagikan secara  door to door dari rumah kerumah mempraktikan adab bertamu untuk level SD dan memperkenalkan adab bertamu untuk level KB TK.

baca: Narapidana Rutan Surakarta Belajar Cara Mengkafani Jenazah

Lanjut Mia, tujuan utama  kegiatan ini adalah mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, dengan beralih  menggunakan tas saat belanja.  Karena sebagaimana kita ketahui bersama,  plastik adalah salah satu penyumbang terbesar kerusakan bumi.

Selain itu,  kegiatan ini juga  dimaksudkan  sebagai sarana untuk melatih keberanian murid Aqila dalam berkomunikasi kepada masyarakat umum.  Karena untuk menyampaikan pesan baik (berbagi )  juga  butuh keberanian.

“Bismillah semoga kegiatan ini bisa berjalan rutin dan tahun depan bisa menjangkau lebih banyak orang dengan jumlah paket yang lebih banyak dan  tentunya dengan inovasi model yang lebih menarik,”pungkasnya. []

 

%d bloggers like this: