EkBiz

Dorong Produk Solo Mendunia, Pemkot Surakarta Ikuti Promosi Produk Indonesia di Paris

SOLO – Dalam rangka mendorong produk Lokal Kota Solo mendunia, Pemerintah Kota Surakarta memberangkatkan tim promosi produk UMKM ke Kota Mode, Paris Perancis pada 4 – 9 juni mendatang. Hal tersebut disampaikan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat memberikan penjelasan pada jumpa pers Promosi Produk Kreatif Indonesia di Paris, Senin (23/5/2022) di Joglo Loji Gandrung.

Walikota menerangkan, keikutsertaan produk unggulan UMKM Kota Surakarta bertujuan supaya produk UMKM Solo jauh lebih mudah dikenal mancanegara sehingga bisa lebih mudah diterima pasar selain membranding produk itu sendiri. Pameran produk kota Surakarta, menurutnya juga disertai dengan pertunjukan budaya tradisional yang bisa memperkuat produk lantaran punya proses panjang dalam menghasilkan produk barang misalnya batik dan barang kerajinan.

“Keberangkatan tim UMKM dan budaya merupakan aktualisasi dengan apa yang sudah kita kerjakan di kampus ekspor Shopee yang  kita bina dan inkubasi selama ini. “Saatnya  kita pamerkan barang unggulan UMKM kita. Kita sudah seleksi barang unggulan UMKM mana yang kita bawa ke sana (Paris),” katanya.

Senada, Executive Dirertor Shopee Indonesia, Handika Jahja,  menerangkan, keikutsertaan produk UMKM Kota Solo Ke Paris merupakan kolaborasi antara Shopee dengan Pemkot Surakarta dengan kerjasama KBRI di Prancis untuk mempromosikan budaya kreatif Kota Surakarta (Solo) untuk  memberi edukasi dan branding kuat pada produk lokal Kota Solo.

“Even budaya kreatif menjadi solusi budaya kreatif Kota Solo berupa barang dan karya seni dibranding secara internasional.  Paris sebagai benchmark sebuah produk diakui dunia atau internasional maka paris dipilih dan orang eropa menilai pilih barang karena punya karakrter kuat. Dan itu umumnya dimulai pengakuan di Paris,” ungkapnya.

Ditambahkan, pementasan budaya tradional menjadi pendorong utama produk diakui punya akar kuat secara tradisonal dan turun temurun.

baca: Surakarta Berpotensi untuk Memajukan UMKM Melalui Digital

Produk yang akan ditampilkan nantinya berupa fashion, handicratf dan produk kreatif lokal. Juga ditampilkan budaya tradisi serta didukung performa Anggun C Sasmi.

“Sangat representatif barang yang akan dipamerkan karena telah melalui proses yang panjang. Produk yang ditampilkan juga disertakan yang sudah memiliki nama atau merk dikenal umum. “Ada brand wellknown di Kota Solo ikut disertakan ke Paris,” katanya.

Diketahui  Promosi Produk Kota Solo merupakan undangan panitia karena produk UMKM Kota Surakarta mutunya bagus dan punya standar internasional. Menurut Walikota Gibran, Solo memang menarik dan punya daya pikat tersendiri. []

 

%d bloggers like this: