Solo Raya

Upacara Peringatan Serangan Umum 4 Hari di Kota Solo Digelar di Balaikota

SOLO-Walikota Surakarta Gibran Rakabuming bersama Wakil Walikota Teguh Prakosa dan Jajajran Forkompimda menghadiri Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Serangan Umum 4 Hari di Kota Solo tahun 2022 di Halaman Blaikota Surakarta Senin (8/8). Upacara dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Surakarta, Budi Prasetyo selaku Inspektur Upacara.

Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Serangan Umum 4 Hari di Kota Solo merupakan sebuah momentum dalam mempertahankan eksistensi bangsa yang merdeka. Serangan umum mampu menyadarkan Belanda dan berkesimpulan bahwa Belanda tidak mampu bertahan lebih lama di Solo, yang kemudian secepatnya menarik mundur tentaranya dari daerah Surakarta.

Inspektur Upacara, Budi Prasetyo memberikan amanat bahwa peringatan ini memiliki nilai yang lebih tak hanya mengenang dan mengingat semangat para pahlawan.

“Memperingati Serangan Umum 4 Hari Kota Solo, tidak sekedar mengenang dan mengingat semangat juang para pahlawan bangsa. Namun lebih dari itu, semangat perjuangan dan rela berkorban inilah yang harus dilestarikan dan ditindaklanjuti oleh para pelajar khususnya dan generasi penerus bangsa,” jelasnya.

Ia juga menekankan bahwa semangat ini  harus dijadikan motivasi dalam meningkatkan kualitas dan pengabdian sesuai dengan kapasitas dan profesi masing-masing.

“Kalau dahulu perjuangannya melawan penjajah, maka saat ini nilai-nilai perjuangan harus mampu menjadikan semangat dan etos kerja dalam membangun Kota Solo.” Imbuhnya.

baca: Teguh Prakosa Hadiri Upacara Pelantikan Pramuka Garuda dan Pelepasan Kontingen Jambore Nasional ke XI

Sementara itu, seusai upacara Walikota Surakarta Gibran Rakabuming menyinggung tentang Pelaksanaan Closing Ceremony Asean Paragames 2022 kemarin. Mulai dari pengurangan jumlah penonton hingga dampak ekonomi dari adanya kegiatan Asean Paragames di Kota Solo ini.

“Jumlah penonton memang dikurangi, untuk dampak ekonomi ya Okupansi hotel, UMKM , Volunteer dan banyak lagi,” ucap Gibran.

Usai upacara Walikota Surakarta Gibran Rakabuming bersama Jajaran Forkompimda menuju Taman Makam Pahlawan untuk melaksanakan ziarah ke makam leluhur dan pahlawan yang berjasa atas Kemerdekaan Indonesia. []