Solo Raya

Ribuan Mahasiswa Soloraya Tuntut Harga BBM Diturunkan

SOLO-Ribuan mahasiwa yang berasal dari Soloraya menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Kota Surakarta, Kamis (8/9).

Dalam aksinya massa memberikan empat tuntutan yaitu menolak kenaikan harga BBM bersubsidi, meminta pemerintah menyediakan dan mengendalikan harga bahan kebutuhan pokok, menunda proyek strategis nasional, dan menuntut pemerintah merevisi pasal-pasal karet dalam Undang-Undang (UU) KUHP.

“Kenaikan harga BBM bersubsidi telah membawa imbas pada naiknya harga bahan-bahan pangan dan ini akan menyengsarakan rakyat,” ujar Muhammad Hanif Prabowo selaku koordinator aksi.

Dalam orasinya, Ketua Cabang HMI Sukoharjo Fierdha Muhammad Ali menuntut agar anggota DPRD Kota Solo keluar menemui para demonstran.

“Jangan seperti DPR RI. Saat rakyatnya berpanas-panas demonstrasi, Anggota DPR RI malah menyanyikan selamat ulang tahun untuk Ibu Puan Maharani,” katanya.

Massa sempat menolak ketika yang menemui adalah pimpinan dari fraksi DPRD. Namun setelah ada negosiasi, Ketua DPRD Kota Solo, Budi Prasetyo pun akhirnya menemui perwakilan mahasiswa itu

Surat aspirasi dan pernyataan itu pun akhirnya ditandatangani oleh jajaran Pimpinan DPRD Kota Solo bersama perwakilan dari masing-masing elemen mahasiswa tersebut.

Selain itu, jajaran Pimpinan DPRD Kota Solo juga berjanji akan mengirimkan surat itu kepada DPR RI dan Presiden, Jumat, 9 September 2022. Adapun dari perwakilan mahasiswa menegaskan akan mengawal sampai ada finalisasi untuk terealisasinya tuntutan tersebut.

baca: Samapta Polres Klaten Sita 523 Botol Miras, 13 Penjual Diancam Hukuman 3 Bulan Penjara

Unjuk rasa tersebut mendapat pengamanan ketat dari jajaran Polresta Kota Solo bersama Kodim 0735/Surakarta, serta didukung Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo.

Sebanyak 600 personil gabungan diterjunkan Polresta Surakarta guna melakukan pengamanan demo mahasiswa dan element masyarakat terkait kenaikan harga BBM, di depan gedung DPRD Surakarta.  []

%d bloggers like this: