Jalan-Jalan

Blangkon Fest 2022 Digelar di Rumah Dinas Loji Gandrung

SOLO-Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming mendampingi  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau Opening Blangkon Fest 2022, di Rumah Dinas Walikota Surakarta Loji Gandrung, Jum’at (9/9/2022).

Acara ini juga di hadiri Jajaran Forkopimda, Asisten Deputi Kementerian Koperasi RI, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta serta OPD terkait.

Dalam tinjauan nya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berbincang dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Surakarta tentang Falsafah Blangkon. Dimana Blangkon ini mempunyai ciri khas dan makna tersendiri tiap bentuk dan bagiannya.

“Sebenarnya Blangkon ini bisa menunjukkan, menunjukkan umur ada juga untuk menunjukkan jabatan.Keren!,” ucapnya.

Acara ini digagas oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Surakarta yang di dukung oleh Pemerintah Kota Surakarta bersama Dinas Pariwisata Kota Surakarta. Dimana tujuan dari diadakan nya Blangkon Fest ini, untuk pelestarian budaya juga upaya penggerakan ekonomi masyarakat terutama dari komunitas Blangkon.

“Maksud dan tujuan, bahwa kami selaku masyarakat yang ingin budaya selalu akan lestari. Maka dari itu konsep budaya harus dilakukan terus agar Lestari dan tidak pernah punah, kemudian yang kedua adalah penggerakan ekonomi kemasyarakatan agar berkembang lebih baik. Yang ketiga Bahwa kita mengetahui bahwa generasi muda memang harus memahami tentang budayanya, salah satunya diangkat oleh blangkon. Karena bagaimanapun Blangkon memiliki Fasafah yang tinggi yang dimiliki bangsa Indonesia khususnya Jawa, ” ujar Ketua Pokdarwis Surakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, Agus Ciptaningtyas juga memberi sambutan dari acara ini.

baca: Sendang Bejen Resmi Jadi Obyek Wisata Religi

“Selamat atas terselenggara nya acara ini, walaupun tidak teranggarkan dengan baik di kami, tapi ternyata bisa berjalan dan tentunya bisa mengawali kalau nanti memang ditargetkan bisa masuk dianggarkan itu harapan kita bersama. Semoga dengan kebersamaan kita, kita bisa membuat ekonomi lebih baik. Bangkit lebih cepat pulih lebih kuat, ” jelasnya.

Acara ini diadakan pada bulan September, tepatnya pada tanggal 9-11 September 2022. Ada berbagai rangkaian acara yang disajikan, seperti pameran, bazaar UMKM, talkshow, workshop UMKM, bedah budaya, atraksi budaya, Tiktok challenge, dan night performance. []

 

%d bloggers like this: