Solo Raya

Pemuda dan Masa Depan Indonesia

KLATEN– Berikut ini beberapa pemuda yang memiliki gerakan konstruktif dan kreatif sebagai contohnya adalah Nadiem Makarim pendiri Gojek, kini Gojek merupakan salah satu perusahaan teknologi jasa transportasi nomor satu di Indonesia. Perusahaan Gojek kini melayani lebih dari 50 kota di Indonesia dan memiliki lebih dari 300 ribu driver yang tersebar di Indonesia.

Achmad Zaky dikenal pendiri Bukalapak. Menurut data dari majakah Globe Asia, Kekayaan Achmad Zaky mencapai sekitar 100 juta dollar AS atau sekitar 1.4 trilun rupiah. Ia berada di posisi 149 dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia menurut majalah Globe Asia. Dan tentunya masih banyak contoh pemuda sukses di Indonesia.

Hal itulah yang disampaikan oleh Wakit Ketua DPRD Jawa Tengah, Quatly Alkatiri saat mengisi acara Sosialisasi Non Perda di Klaten, Senin (26/9).

Pelayanan kepemudaan dilaksanakan sesuai dengan karakteristik pemuda, yaitu memiliki semangat kejuangan, kesukarelaan, tanggungjawab, dan ksatria, serta memiliki sifat kritis, idealis, inovatif, progresif, dinamis, reformis, dan futuristik.

baca: Asyiknya Anak-Anak Belajar Belanja di Pasar Legi Solo

“Pemuda merupakan tonggak sebuah perubahan jika kita lihat dari sejarah berdirinya bangsa ini juga tak lepas dari peran pemuda,”ujarnya.

Mulai dari berdirinya Boedi Oetama, Sumpah Pemuda,Gerakan 66 hingga reformasi 98.

Terkait tantangan pemuda masa depan, Quatly menjelaskan ada dua hal yakni kritis terhadap persoalan dan bertindak nyata pada masyarakat. []