Solo Raya

Polres Klaten Selenggarakan Lomba Polisi Cilik

KLATEN-Polres Klaten menyelenggarakan Lomba Polisi Cilik (Pocil) dalam rangka Operasi Zebra Candi tahun 2022 di Gor Gelarsena Klaten, Rabu (12/10/2022).

Kegiatan lomba Pocil dibuka langsung oleh Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo, S.H., S.I.K., M.H., dan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Klaten, PJU Polres Klaten, Plt. Kabid Pembinaan SD, Sub. Koordinasi Peserta Didik, K3S dari 26 Korwil di Klaten.

Kapolres Klaten dalam amanatnya menjelaskan bahwa tujuan diadakannya lomba Pocil adalah untuk menanamkan budaya disiplin serta menciptakan pelopor keselamatan berlalulintas yang baru.

“Adik-adik ini nantinya dapat menularkan budaya tertib lalu lintas kepada orang tua  dan orang yang ada  disekitarnya. Dengan harapan bisa menjadi generasi emas, generasi cerdas, generasi tertib berlalu lintas,” ujar Kapolres Klaten dalam pembukaan lomba Pocil 2022 .

Ditambahkan bahwa lomba ini diikuti sekitar 600 orang, terdiri dari 25 tim pelajar tingkat SD/MI sederajat dari masing-masing kecamatan di wilayah Kab Klaten. Direncanakan lomba polisi cilik ini akan dilakukan rutin setiap tahun sebagai ajang pembentukan karakter positif bagi anak-anak.

“Terima kasih pak Kepala Dinas Pendidikan. Jadi nanti tahun depan, (lomba) ini akan dikolaborasikan dengan jajaran Sat Lantas Polres Klaten, dan akan dijadikan setiap tahunnya even bergengsi lomba polisi cilik,” ujar Kapolres.

Sementara itu, para peserta, orang tua dan penonton Lomba Pocil menyambut antusias adanya kegiatan Polres Klaten ini. Mereka juga menyampaikan harapan dan tanggapan positif.

“Saya sangat senang karena adik-adik mulai dari SD sudah diajarkan caranya baris berbaris, tentang ketertiban juga dan tentang bagaimana caranya menghargai  waktu disiplin waktu. Harapanya adik-adik supaya tetap menerapkan apa yang sudah diajarkan dari kegiatan ini karena kemarin-kemarin juga sudah diberikan latihan dari pelatih/pembinanya masing-masing,” ujar Ale Nur Fauziyah salah seorang penonton lomba.

baca: UNIBA Wisuda Sarjana Angkatan 51 dan Magister Angkatan 30

Lomba Pocil mengusung tema, “Pelajar Cerdas, Generasi Emas, Generasi Tertib Berlalu Lintas Stop Pelanggaran Stop Kecelakaan Keselamatan untuk Kemanusiaan.

Lomba pocil tahun 2022 ini merebutkan 3 posisi kejuaran dimana peserta yang menang mendapat tropi penghargaan dan uang pembinaan. Juara satu mendapat uang pembinaan senilai Rp. 1.000.000,- juara dua Rp. 750.000,- dan juara tiga mendapat Rp. 500.000,- [WE]

%d bloggers like this: