Solo Raya

Bangga dengan Produk Dalam Negeri

KLATEN-Turut mendukung para produsen dan pengrajin dalam negeri, termasuk juga meningkatkan pendapatan negara merupakan alasan mengapa kita harus membeli produk lokal.

Dalam menghadapi krisis yang sedang terjadi saat ini, sebagai bangsa Indonesia harus mampu bertumpu pada kekuatan sendiri, mengatasi tantangan dalam kesehatan, sosial, dan ekonomi.

Hal tersebut mengemuka saat diselenggarkan acara Sosialisasi Non Perda, Selasa (27/9/2022).

Hadir dalam diskusi tersebut Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Quatly Alkatiri dan Murtiyanto, Ketua Yayasan Untaian Melati.

Quatly dalam pemaparannya menyebutkan, kemajuan teknologi memudahkan masyarakat dalam mendukung pertumbuhan UMKM. Seperti halnya banyaknya marketplace saat ini yang menampung para usaha kecil dalam mengenalkan produk usahanya.

“Yang bisa dilakukan dalam mendukung produk dalam negeri adalah dengan berbelanja online berbagai produk karya anak negeri di berbagai marketplace,” ujarnya.

baca: Peringati Sumpah Pemuda, Ajak Siswa Peduli Lingkungan

Menanamkan rasa bangga terhadap produk dalam negeri haruslah kita miliki, bukan sekedar ucapan semata.

“Berbanggalah ketika kita menggunakan produk dalam negeri, hal ini penting karena dengan cara itulah produk dalam negeri bisa berkembang. Kedepannya bisa diekspor keluar negeri,”tambahnya

Untuk di Jawa Tengah sendiri Pemerintah Provinsi telah banyak melakukan program untuk mendukung pertumbuhan UMKM. Baik dalam bantuan permodalan ataupun pelatihan. []