Solo Raya

Ayahku Pahlawanku: Menjadi Ayah Panutan bagi Anak-anaknya

SOLO– Ayah mempunyai peran penting dalam keluarga. Selain sebagai pemimpin, ayah juga sering dijadikan idola dan panutan anak-anaknya. Saat menjalankan kewajibannya dengan baik, ayah menjadi sosok panutan yang bertanggungjawab dengan melindungi keluarganya.

Hal itulah yang menjadi pembahasan di acara FGD yang mengambil tema, ‘Peran Ayah dalam Pembentukan Karakter Generasi Muda’. Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Quatly Alkatiri dan Vida Robi’ah Al Adawiyah, Ketua Komunitas Peduli Perempuan dan Anak (KPPA) Benih Solo. Ahad (6/11/2022).

Qutly menjelaskan dengan ada kasih sayang ayah maka akan terbentuk contoh karakter anaknyg baik.

“Kalau keadaan di rumah itu baik maka kerjaan diluar juga baik. Artinya peran ayah begitu penting pd sebuh kelurga,”ujarnya.

Meski ayah dan ibu memiliki peran dan fungsinya masing-masing baik dalam hal pengasuhan anak maupun rumah tangga, peran ayah memiliki nilai yang lebih tinggi sebagai pemimpin.

Sementara itu, Vida Robi’ah Al Adawiyah mengataka peran ayah sangat diperlukan, ayah hatus menjadi konseptor bagi anak-anak didiknya.

“Ayah mempunyai tugas berat karaena menjadi pemimpin bagi istri dan anaknya. Besok di akherat akan dimintai pertanggungjwabannya,” katanya.

Terkait peran ayah dalam mendidik anak-anaknya dalam Al quran disebutkan kisah Luqman Al Hakim, dia bukan seorang nabi namun kisahnya diabadikan dalam Al quran.

Beberapa nasihat Luqman yang tertuang dalam surat Luqman di antaranya, larangan untuk menyekutukan Allah, anjuran berbakti kepada orang tua, sadar bahwa manusia berada dalam pengawasan Allah, berbuat kebaikan dan menjauhi kemungkaran, sabar dalam menghadapi cobaan dan ujian serta larangan untuk menyombongkan diri.

“Munculnya persoalan rumah tangga juga tak lepas dari peran ayah. Tahun 2004 saya menulis sebuah buku tentang Kepa Harus Pacaran? Salah satu penyebabnya adalah hilangnya perhatian ayah dalam mendidik anaknya,”katanya.

Banyak anak gadis itu tidak mendapatkan perhatian dari ayahnya. Ayah yang memiliki kepribadian yang kuat akan berdampak pada anak yang memiliki karakter yang kuat.

Ingat jasa orang tua agar kita bisa bersyukur, mari kita menjadi teladan bagi anak-anak kita agar keberkahan bisa dirasakan pada anak.

baca: Gibran Berencana Copot Baliho ‘Terima Kasih Jokowi’

Diakhir diskusi Quatly menyampaikan kita sebagai ayah harus tetap menjaga hubungan denga anak-anak kita dengan kreatif. Karena hal ini akan menjadi kesan positif bagi anak.

“Dibalik kesibukan, ayah harus menyisihkan waktu bukan menyisakan waktu  baru yang lainnya,”pungkasnya. []

%d bloggers like this: