Nusantara

Kembangkan Dakwah, DDII Kota Bogor Gelar Kelas Jurnalistik

BOGOR-Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) Kota Bogor bekerjasama dengan Kalam TV menggelar Kelas Jurnalistik Islami untuk pengurus Majelis Taklim di Kota dan Kabupaten Bogor.

Bertempat di Kantor Badan Kerjasama Pondok Pesantren Indonesia (BKsPPI), Jl KH Soleh Iskandar, komplek Kampus Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, pelatihan ini dilaksanakan dua hari sejak Sabtu hingga Ahad, 12-13 November 2022.

Dalam rilisnya disebutkan, kelas Jurnalistik Islami ini menghadirkan empat narasumber, yaitu Ustaz Abdul Halim (Ketua DDII Kota Bogor), Otto Ahmad Gozali (Pimpinan Kalam TV), Syaiful Falah (Redaktur Suara Islam) dan Syifa Faradilla (Produser Dakta FM).

Adapun materi yang diberikan adalah pengenalan cara video steraming, menulis berita dan pers rilis, public speaking serta pentingnya dakwah melalui media.

Kelas Jurnalistik Islami dibuka oleh Ketua DDII Kota Bogor Ustaz Abdul Halim. Ia berharap dengan adanya pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan jurnalistik dan public speaking para anggota Majelis Taklim di Kota Bogor.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan ini mampu memberikan kemampuan dalam membuat reportase kegiatan serta memotivasi sehingga ada keberanian untuk bicara di depan orang banyak,” ungkapnya saat membuka kegiatan.

Ustaz Halim berpesan agar menjadikan kemampuan jurnalistik serta public speaking yang dilatih pada pelatihan ini untuk mengembangkan dakwah.

Pimpinan Kalam TV, Otto Ahmad Gozali memberikan materi video streaming. Dengan kemampuan video streaming, ia berharap setiap kegiatan majelis taklim itu bisa diliput sehingga video kajian bisa dilihat oleh orang banyak.

Kalam TV sendiri merupakan channel dakwah yang bersinergi dengan sejumlah majelis taklim di Bogor, setiap pekannya sekitar tiga puluh majelis ilmu yang ditayangkan melalui Kalam TV.

Untuk meteri menulis berita dan pembuatan pers rilis dibawakan oleh Syaiful Falah, jurnalis media Suara Islam. Ia menyampaikan pentingnya berdakwah melalui media.

“Dengan kemampuan jurnalistik, setiap peserta bisa membuat berita kegiatan majelis taklimnya masing-masing, sehingga syiar dakwah semakin luas,” ujarnya.

Narasumber lain dalam pelatihan ini adalah Syifa Faradilla, Produser Senior Radio Dakta itu menyampaikan trik dan tips public speaking diantaranya bagaimana membangun percaya diri, rilek, fokus dan sebagainya.

“Selain membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi, public speaking juga membutuhkan penguasaan materi dan cara berkomunikasi yang baik,” ucap Syifa, penyiar radio yang juga berpengalaman menjadi MC di berbagai acara.

baca: Kepala BBPMP Jateng: Sekolah Islam Terpadu Bisa Lebih Inovatif

Sementara itu puluhan peserta yang terdiri dari perwakilan majelis taklim di Bogor merasa antusias dan sangat terbantu dengan adanya pelatihan jurnalistik ini.

“Alhamdulillah acara ini sangat bermanfaat dan berkesan. Semoga kegiatan seperti ini bisa diadakan kembali lagi secara berkelanjutan,” ujar Chandra, perwakilan Majelis Taklim Nursynah Bogor. []

%d bloggers like this: