EkBiz

Ratusan Warga Serbu Stasiun Delanggu Manfaatkan Railclinic PT KAI Daop 6 Yogyakarta

KLATEN-Lima ratusan warga memanfaatkan layanan Rail Clinic yang dirangkaikan dengan Rail Library yang diselenggarakan PT KAI Daop 6 Yogyakarta di Stasiun Delanggu,Senin (21/11).

Dalam kegiatan ini PT KAI Daop 6 menyiapkan railclinic, merupakan Kereta Api Rel Diesel (KRD) yang di dalamnya terdapat berbagai fasilitas pelayanan kesehatan pratama serta perpustakaan digital.

Executive Vice Presiden KAI Daop 6 Yogyakarta, Iwan Eka Putra mengatakan,kegiatan tersebut bagian dari bentuk sinergi antara PT Kereta Api Indonesia ( Persero) Daerah Operasional 6 Yogyakarta bersama Pemerintah Kabupaten Klaten serta Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih.

Iwan menyebut kegiatan ini juga bagian dari upaya PT KAI memberikan fasilitas bagi calon penumpang dalam memenuhi persyaratan naik KA sesuai aturan Kemenhub.

Dimana sejak tanggal 30 Agustus 2022, Pemerintah telah menerapkan aturan baru yakni calon penumpang kereta api dan pesawat tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau antigen saat hendak melakukan perjalanan dengan moda transportasi kereta api dan pesawat udara.

“Sebagai gantinya,penumpang wajib mendapatkan vaksinasi booster sebagai syarat menggunakan transportasi kereta api dan pesawat,sesuai dengan aturan dari Kemenhub melalui SE 84 tahun 2022 yang mensyaratkan penumpang kereta api dengan usia diatas 18 tahun wajib sudah booster dan penumpang usia 6 sampai 17 tahun wajib sudah vaksin dosis 2,”jelas Iwan.

Pantauan dilapangan ada sekitar 500 warga terlihat cukup antusias mendatangi railclinic untuk memeriksakan kesehatan serta melakukan vaksinasi covid -19 jenis booster.

Selain itu juga terlihat 50 an siswa SDN 1 Gatak  Kecamatan Delanggu yang mendapatkan edukasi tentang perkeretaapian serta kesehatan.

“Untuk kegiatan di Rail Library ini tujuannya untuk mengedukasi anak usia dini agar memahami keselamatan di jalur KA,keselamatan perjalanan KA serta memperkenalkan Job profil PT KAI. Dalam kegiatan ini kami juga memberikan bantuan berupa paket sembako kepada 500 orang,”ujar Iwan.

Sementara itu Wakil Bupati Klaten,Yoga Hardaya menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan PT KAI Daop 6 di Stasiun Delanggu yang mana tahun ini merupakan kegiatan untuk ketiga kalinya.

“Sangat mengapresiasi PT KAI Daop 6 Yogyakarta,terima kasih semoga kegiatan semacam ini kedepan terus dilakukan.Vaksinasi Covid -19 tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena menjadi syarat naik KA,apalagi sebentar lagi memasuki liburan Nataru 2023,”ungkapnya.

Sementara itu, Sumiyati (48) warga Delanggu mengaku sangat senang dengan adanya layanan kesehatan dari PT KAI Daop 6 ,lantaran dirinya bisa melakukan cek kesehatan gratis,selain itu dirinya bisa melakukan vaksin booster.

“Sangat senanglah akhirnya bisa melakukan booster karena ini sangat penting ,apalagi saya sering bepergian keluar kota.Saya tambah semangat lagi apalagi ketika pulang vaksin diberi paket sembako,terima kasih PT KAI Daop 6 Yogyakarta,”ucapnya penuh sumringah. [WES]

%d bloggers like this: