Nusantara

Laznas AQL Bangun MCK Darurat Bantu Penyintas Bencana Cianjur

JAKARTA-Laznas AQL bersinergi dengan AQL Peduli dan Wakaf Qur’an membangun fasilitas MCK Darurat untuk penyintas bencana Cianjur yang berlokasi di Tegalega, Limbangansari, Cianjur. MCK tersebut mengikuti gaya arsitektur modern, sehingga para penyintas merasa aman dan nyaman saat bersuci.

“MCK darurat ini terdiri dari 4 unit pintu, 1 fasilitas untuk cuci dan juga 1 toren air,” kata Distribusi Program Laznas AQL, Siti Maria Ulfa, melalui pesan singkat, Senin (5/12/2022).

Bagi penyintas di lokasi pengungsian, keberadaan MCK sangat krusial. Ratusan bahkan ribuan orang harus antri mendapatkan air bersih. Belum lagi berbagai keperluan lain seperti mandi dan mencuci pakaian.  Itu menciptakan suasana tak kondusif, apalagi jika fasilitas MCK cenderung terbuka.

Laznas AQL membangun MCK darurat tersebut dengan konsep dinding tertutup. Empat pintu berjejer saling tersambung dan dilengkapi fasilitas tempat mencuci di samping kanan. Dengan lantai yang terbuat dari semen, para penyintas tak perlu merasa risih saat hujan turun.

Selain MCK darurat di daerah Tegallega, Laznas AQL juga mendisribusikan toren-toren air di beberapa posko bencana, seperti di Posko Desa Gasol dan Posko Cimaja, Cugenang. Toren-toren air tersebut digunakan sebagai penampungan fasilitas air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para penyintas bencana, salah satunya digunakan sebagai fasilitas air wudhu.

“Untuk jangka panjang ke depannya, Laznas AQL berencana membangunkan fasilitas MCK untuk mushola dan pesantren yang terkena dampak gempa bumi Cianjur,” ucap Siti Maria.

Siti Maria menjelaskan, pembangunan fasilitas MCK darurat dan air bersih untuk penyintas bencana ini merupakan bagian dari program Mata Air Kehidupan. Program ini merupakan upaya lembaza zakat yang didirikan KH Bachtiar Nasir itu mengalirkan air bersih ke pelosok-pelosok negeri. Terutama, di daerah terpencil dan terpinggirkan.

Program ini sudah hadir di berbagai daerah di seluruh pelosok Nusantara. Masyarakat bisa melihat sumber air bersih berdiri kokoh di Halmahera hingga Lampung. Program Mata Air Kehidupan merupakan salah satu program unggulan Laznas AQL di bidang sosial yang sudah membangun puluhan MCK dan fasilitas air bersih ke semua daerah di Indonesia.

Program Mata Air Kehidupan sudah menjalankan program di daerah terpencil Jawa Timur seperti Ngawi, Pacitan, dan Sragen. Sudah ada pula di Magelang, Sukabumi, Jonggol, dan Bogor di Jawa Barat hingga Boyolali di Jawa Tengah.

Di luar Jawa, Program Mata Air Kehidupan sudah ada Sumbawa (Nusa Tenggara Barat), Sigi-Palu (Sulawesi Tengah), Sukadana (Lampung Timur), Bisui (Halmahera Selatan), Tagea (Halmahera Selatan), dan Pulau Widi (Halmahera Selatan).[]

%d bloggers like this: