Solo Raya

Belajar Tema Transportasi, Murid KB dan TK Sekolah Alam Aqila Klaten Bermain Sepeda Bersama

KLATEN-Dalam rangka menunjang pembelajaran di tema alat transportasi dengan subtema “sepeda”, KB dan TK Alam Aqila Klaten mengadakan kegiatan “Main Sepeda Bareng”. Kegiatan ini bertempat di Balai Desa Bentangan Wonosari, Jumat, 20 Januari 2023.

Sebelumnya anak-anak diajak mengenal berbagai hal tentang sepeda, kali ini mereka diajak main sepeda bersama. Anak yang mempunyai sepeda diminta membawa sepedanya untuk dipakai bermain bersama, sedangkan bagi yang sepedanya sedang bermasalah atau bahkan tidak punya sepeda tidak perlu berkecil hati karena bisa bergantian dengan teman yang lain.

Dari kegiatan main sepeda bersama ini, akan ada banyak aspek yang dicapai anak-anak. Mulai dari kemampuan motorik kasarnya (mengayuh sepeda), motorik halus (koordinasi mata dan tangan saat mengendarai), sosial emosional (berbagi dengan temaj yang tidak bawa sepeda), kognitifnya (memperbaiki sepeda yang rantainya lepas), hingga nilai agama dan moralnya (membantu teman yang terjatuh).

Anak-anak sangat antusias dengan adanya kegiatan ini. Begitupun para wali murid yang penuh perjuangan membawa sepedanya, agar anaknya bisa ikut main sepeda bersama. Ada yang membawa sepedanya dengan ditali dibelakang motor, dibonceng ditengah, diangkut dengan bronjong, bahkan ada juga yang dikendarai dari rumah dengan didampingi orangtuanya.

Salah satu wali murid menuturkan bahwa anaknya sangat bersemangat sedari pulang sekolah kemarin, tapi kebetulan ban sepedanya pecah. Kemudian ia membawa sepedanya kebengkel, namun ternyata sampai tadi pagi belum digarap juga.

“Ini tadi saya pagi-pagi harus cari ban dulu ke Gawok. Kemarin saya bawa ke bengkel ternyata belum dikerjakan, mungkin bapak bengkelnya kecapekan. Pagi-pagi dah ditagih janji sama anak,” tutur salah satu wali murid sembari tersenyum.

Setelah berdoa dan senam bersama, anak-anak dibebaskan untuk bermain sepeda dengan teman-temannya. Selain bersepeda, mereka juga bermain lari-larian mengeksplor halaman Balai Desa. Ketika ditanya kesan terhadap acara hari ini, semua serentak menjawab bahwa mereka senang sekali.

Kepala TK Alam Aqila, Fitri Hapsari mengungkapkan bahwa sebelumnya sudah mengirim surat kepada Kepala Desa Bentangan, Samiyono. Surat tersebut berupa permohonan sekaligus ijin memakai halaman Balai Desa Bentangan untuk kegiatan anak-anak bermain sepeda bersama dan juga senam.

“Kemarin Kami sudah mengirimkan surat permohonan ke Bapak Samiyono. Alhamdulillah langsung disetujui. Beliau juga Menyampaikan bahwa nanti bisa barengan senam dulu dengan murid-murid PAUD Desa seperti tahun sebelumnya. Tapi sayangnya hari ini PAUD nya malah libur,” terang Fitri.

Selain kegiatan main sepeda  bersama, rencananya di tema alat transportasi ini, anak-anak juga akan diajak outing ke Bandara juga untuk melihat pesawat secara langsung. Selain itu akan ada kegiatan learning from maestro (salah satu metode belajar di sekolah alam), dengan menghadirkan tukang becak sekalian becaknya juga kesekolah.

“Rencana kedepannya, di tema alat transportasi ini Kami akan menghadirkan kendaraan becak sekaligus tukang becaknya kesekolah. Supaya anak-anak bisa belajar langsung tentang becak dari pengendaraanya. Kami juga berencana mengadakan kegiatan Outing ke bandara Adi Sumarmo untuk belajar secara langsung tentang pesawat,” pungkasnya. []

%d bloggers like this: