Solo Raya

Warga Prambanan Terdampak Tol Solo-Yogyakarta Terima Ganti Rugi 35,7 Miliar

KLATEN-Warga desa Kebondalem Lor kecamatan Prambanan, Selasa (7/2/2023) akhirnya menerima uang pembayaran ganti kerugian pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta.

Kepala Seksi (Kasi) Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten, Sulistiono mengatakan pembayaran dilakukan di kantor desa setempat itu ada 38 bidang. Adapun total nilai yang dicairkan untuk pembayaran senilai Rp 35,7 miliar.

“Yang kami cairkan hari ini ada tiga desa yakni Kokosan satu bidang, desa Gumul dan Jogonalan satu bidang, serta Kebondalem Lor ini 36 bidang. Dengan total untuk uang ganti kerugian Rp 35,7 miliar. Adapun penerima pembayaran ganti kerugian tertinggi didesa Kebondalem Lor Rp 2,8 miliar, sedangkan penerima paling rendah Rp 80 juta,”ujarnya.

Sulis menambahkan hingga hari ini pihaknya telah membebaskan sebanyak 3.071 bidang dengan total uang yang dibayarkan senilai Rp 3,37 triliun.

Sementara itu Sadinem yang terdampak proyek strategi nasional (PSN) berupa sawah dengan luas 1.883 meter persegi itu mengaku uang Rp 2,8 miliar yang diterimanya akan ia gunakan untuk membeli tanah sawah dan pekarangan.

“Uangnya mau buat beli tanah lagi, saat ini tanahnya sudah ada jadi tinggal membayar saja. Biar awet kalau beli tanah lagiĀ  biar ada peninggalannya dan tidak ada rencana untuk beli mobil,”ucapnya. []