Nusantara

Dorong Peningkatan Kualitas Amil, LAZNAS Dewan Dakwah Berikan Pelatihan

JAKARTA-Rapat koordinasi nasional (Rakornas) LAZNAS Dewan Dakwah 2023 telah sukses dilaksanakan. Rakornas bertajuk “Legalitas Baru Semangat Baru, 2023 Lebih Baik” dilaksanakan selama tiga hari di Gedung Menara Dakwah, Jakarta.

Rakornas ini dihadiri oleh segenap tim LAZNAS Dewan Dakwah dan seluruh perwakilannya di Indonesia yang juga diisi oleh panelis yang luar biasa.

Dalam sambutannya, Direktur Eksekutif Laznas Dewan Dakwah, Tjaturadi Walujo S.E, menyatakan bahwa Rakornas 2023 ini merupakan momentum untuk merenungkan kembali visi dan misi organisasi serta menyusun program kerja yang lebih baik oleh sebabnya Rakornas tahun ini menjadi sebuah pelatihan juga penguatan SDM pengelola ZISWAF.

“Rakornas tahun ini, kita selenggarakan pelatihan dan pengelolaan ZISWAF guna meningkatkan kualitas kinerja segenap tim LAZNAS Dewan Dakwah dan seluruh perwakilannya di Indonesia. Pelatihan ini di laksanakan selama 3 hari dari tanggal 20 sampai dengan 22 februari 2023,” ujarnya, Rabu (22/2/2023).

Rakornas ini bukan hanya bertujuan untuk membahas legalitas baru juga menanamkan nilai 3A; Aman Syar’i, Aman Regulasi dan Aman NKRI. Dengan tiga hal tersebut, diharapkan tim LAZNAS Dewan Dakwah dan seluruh perwakilannya di Indonesia akan semakin memperkuat semangat dalam memberikan kontribusi yang lebih besar kepada masyarakat melalui program-program zakat, infaq, dan sedekah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Acara Rakornas juga diberkahi dengan nasihat dan do’a dari Ustadz Avid Sholihin selaku Sekretaris Dewan Da’wah. Ia menyampaikan pentingnya peranan Laznas Dewan Dakwah sebagai pengelola ZISWAF dalam menyebarkan manfaat khususnya untuk saudara di pedalaman.

“Kita harus tahu bahwa Dewan Dakwah dan LAZNAS Dewan Dakwah memiliki peranan yang luar biasa dalam pemersatu bangsa melalui dakwah khususnya di pedalaman,” ujarnya.

Selama tiga hari, Rakornas diisi oleh berbagai pembicara dari para ahli dan praktisi di bidang zakat, antara lain Kepala Biro Koordinasi, Kerjasama dan Harmonisasi BAZNAS RI, Khuzaifah Hanum, S.Sos., M.Si; Associate Expert Foz dan Pakar Pemberdayaan Masyarakat, Ir. Nana Mintarti, MP.; Auditor Inspektorat Wilayah III itjen Kemenag, Abdul Aziz Noor, Lc; Direktur Utama Akademizi dan Associate Expert for FOZ, Nana Sudiana, S. IP., M.M,.

Mereka membahas berbagai topik terkait manajemen zakat dari segi regulasi, distribusi juga kajian reportasenya.

Selain itu, Rakornas juga diisi oleh diskusi dan konsolidasi antara pengurus Laznas Dewan Dakwah dari seluruh Indonesia. Mereka berdiskusi tentang berbagai program kerja yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya serta tentu saja program-program yang akan dilakukan di tahun 2023, termasuk penyaluran zakat, infaq, dan sedekah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Peserta Rakornas diberikan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan para pembicara dari BAZNAS dan berbagi pengalaman dengan pengurus Laznas Dewan Dakwah lainnya.

Acara ini juga berhasil memperkuat sinergi antara Laznas Dewan Dakwah Pusat dan seluruh perwakilan daerah untuk memperluas jangkauan penerima manfaat zakat di Indonesia. []