Kuliner

Pitik Walik Pendopo, Menu Khas Berbuka Puasa yang Gurih dan Nikmat

SOLO-Ayam bakar merupakan salah satu menu olahan daging ayam yang difavoritkan banyak orang. Di solo  ada  menu kuliner yang sangat digemari untuk berbuka puasa, yakni pitik walik pendopo.

Menu khas pitik walik pendopo ini paling cocok dinikmati saat buka puasa seperti sekarang ini, besama keluarga, handai taulan ataupun orang terkasih. Pitik walik pendopo ini bisa kalian jumpai di Hotel Solia Jl Yosodipuro di Kota Solo.

Cheff Afrianto Gunawan (41) menjelaskan konsep dari pitik walik pendhopo ini adalah mengenang jaman dulu rata-rata masakan menggunakan bumbu yang kuat.

“Kita balik ke zaman dulu yang menggunakan bumbu yang kuat, dulunya disajikan untuk menjamu tamu-tamu Raja. Hotel ini dulunya juga merupakan tempat transit tamu raja. Wolak-walik sendiri sebenaranya agar tidak gosong dan tidak matang sebelah,”katanya, Jumat (24/3).

Sama seperti ayam bakar pada umumnya, namun bumbu dan cara mengolahnya sedikit berbeda. Kalau ayam bakar wolak walik yang satu ini harus direndam bumbu rempah selama lebih kurang 30 menit, baru kemudian dibakar.

Tidak hanya dibakar dengan baluran bumbu rempah dalam penyajiannya pitik walik pendopo juga diberi lalapan seperti tomat mentimun dan yang tak ketinggalan adalah sambel yang khas menambah lezatnya kuliner satu ini.

Pengunjung solia hotel

Ian Purnama (28) salah satu pengunjung cukup puas menyantap menu khas ramadhan andalan Solia Hotel. Menurutnya, sengaja mencicipi kuliner ini lantaran rasanya gurih dan empuk.

“Rasanya empuk dibandingkan restoran lain dan bumbunya merasuk. Sebelumnya pernah mencoba namun menu ini memiliki citarasa yang khas,”katanya.

Lisa Halim Soli Hotel

Sementara itu, Lisa Halim selaku Executive Assistant Manager Solia Yosodipuro Solo, menjelaskan, Solia Hotel Yosodipura di tahun ini mengambil tema,”Pasar Ramadhan”.

“Menu signature nya pitik walik pendopo, karena proses memasaknya dipanggang bolak –balik supanya bumbunya meresap itu yang disajikan setiap harinya selama bulan ramadhan,”ujarnya.

Untuk menikmati satu porsi pitik walik pendopo ini, pembeli harus merogoh kocek Rp 89 ribu rupiah saja untuk pembelian 10 porsi gratis satu. []

%d bloggers like this: