Solo Raya

Asyik, Pemudik Sudah Bisa Lewat Tol Solo-Yogya Seksi 1

SOLO-Ruas tol sepanjang 6 kilometer  yang menghubungkan Kartasura-Sawit sudah dapat digunakan secara fungsional di masa arus mudik dan balik lebaran 2023. Ruas tersebut merupakan sebagian seksi 1 dari proyek jalan tol Solo-Yogya.

Dirut PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Suchandra P. Hutabarat, menjelaskan ruas tol tersebut akan dibuka mulai 15 April hingga 1 Mei mendatang. Untuk arus mudik, akan dibuka satu arah Kartasura-Sawit pada 15-24 April dan arah Sawit-Kartasura di masa arus balik pada 25 April-1 Mei.

“Tol fungsional hanya dibuka siang hari pukul 06.00-17.00 WIB khusus untuk kendaraan roda 4 golongan I. Karena meskipun jalannya sudah layak dilintasi, namun belum dipasangi rambu dan PJU,” kata Suchandra saat meninjau Tol Solo-Yogyakarta, Kamis (13/4).

Suchandra menambahkan penggunaan fungsional nantinya akan memangkas waktu tempuh hingga separohnya. Yakni jika dibandingkan melalui jalan arteri yang biasa ditempuh sekitar 20-25 menit, ruas tol Kartasura-Sawit hanya memerlukan waktu tempuh 10 menit dengan kecepatan maksimal 40 km per jam. Ia memperkirakan traffic kendaraan yang melintas sekitar 800 hingga 1.000 unit per hari.

Sementara, fasilitas bagi para pengguna jalan tetap disediakan di Posko JMM Siaga.

“Di Posko JMM Siaga yang ada di jalur fungsional ini kita lengkapi dengan fasilitas seperti toilet portable, stok BBM kemasan, kendaraan patroli, ambulans dan petugas medis, kendaraan PJR dan kendaraan rescue,” ujar Suchandra.

Dari total 6 km ruas tol fungsional tersebut, 3,5 km di antaranya sudah berstatus rigid atau dibeton aspal. Sedangkan sisanya masih berstatus lean concrete (LC). Pengendara diharapkan berhati-hati memasuki bagian perkerasan lean concrete (LC) sepanjang 2,5 kilometer. Selain badan jalan menyempit juga berpotensi munculnya debu tebal. []