Solo Raya

Lestarikan Aset Budaya Nasional, Quatly Alkatiri Gelar Pertunjukan Wayang Kulit

SUKOHARJO-Quatly Alkatiri, Wakil Ketua DPRD Jateng menggelar pagelaran seni wayang kulit dengan dalang Ki Bagonk Darmono pada Sabtu (27/5) di Desa Jetis Kecamatan Baki.

Dengan lakon Wisanggeni Kridha, Quatly menaruh harapan besar kepada para pemuda Indonesia khususnya pemuda karang taruna yang ikut hadir menyaksikan pagelaran wayang kulit ini.

“Wisanggeni Kridha memiliki pesan, bahwa sudah saatnya para pemuda mengamnbil peran dalam mengatasi permasalahan bangsa,”ucap Quatly saat ditemui awak media setelah pagelaran wayang kulit.

Pagelaran wayang kulit digelar dalam rangka halalbihalal KSBG (Komunitas Sedulur Bagonk Grup) yang merupakan komunitas para penikmat seni wayang yang dibawakan oleh dalang Ki Bagonk Darmono.

“Terima kasih pak Quatly, sudah peduli kepada kami para penikmat sekaligus pecinta seni wayang kulit dengan menggelar pagelaran wayang kulit kali ini,”ucap Ketua KSBG Suwantik yang akrab dipanggil dengan sebutan “mas Wantik”.

Pagelaran wayang kulit juga dihadiri oleh Kepala Desa Jetis kecamatan Baki.

“Terima kasih kami haturkan kepada pak Quatly karena menggelar pagelaran wayang kulit ini sehingga menggerakan ekonomi di desa kami, karena dengan adanya pagelaran ini juga ada bazar yang diikuti para pelaku UMKM di desa kami,”tutur Ihsanudin Kepala Desa Jetis Baki.

Quatly berharap wayang kulit akan tetap lestari menjadi budaya nasional.

“Semoga seni wayang kulit terus eksis di era digital ini apalagi sekarang sudah semakin mudah karena ada kecanggihan teknologi, wayang dapat disaksikan melalui live streaming youtube,”pungkas Quatly. []

%d bloggers like this: