Solo Raya

Hari Solo Menyapu, Pemkot Gelar Apel Resik-Resik Pasar

SOLO-Dalam rangka memperingati Hari Solo Menyapu Tahun 2023, Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa menghadiri Kegiatan Apel Resik-Resik Pasar yang dilaksanakan di Pasar Legi Kota Surakarta, Jumat (09/06).

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk membangkitkan kesadaran pedagang di kawasan Pasar Legi dan mendorong warga Kota Surakarta untuk melakukan gerakan kebersihan serta bersama membangun budaya hidup gotong royong, rasa memiliki, menjaga, merawat dan mengamankan kota.

Kegiatan ini juga serentak dilaksanakan di Pasar Gedhe dan Pasar Nusukan, Kota Surakarta serta disampaikan juga edaran kepada seluruh warga masyarakat Kota Surakarta untuk melakukan kegiatan menyapu bersama pada jam yang sama.

“Diharapkan dengan adanya edaran masyarakat tidak hanya menganggap ini semata-mata seremonial saja, tapi juga dapat dimaknai secara mendalam bahwa menjaga kebersihan untuk mewujudkan hidup bersih dan sehat adalah kewajiban kita bersama,” ungkap Kepala DLH Kota Surakarta, Kristiana Hariyanti dalam laporannya pada apel pagi tadi.

Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa dalam amanatnya juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa membersihkan lingkungan itu bukan hanya tugas DLH saja, namun merupakan kewajiban dan tanggung jawab kita bersama.

“Membersihkan itu bukan berarti hanya tugas DLH saja, mereka sudah punya plot masing-masing yaitu di jalan raya. Jadi kalau di jalan kampung, ya tanggung jawab orang kampung sekitar, jika di kelurahan berarti tanggung jawab bersama masyarakat sekitar kelurahan untuk menjaga kebersihan, begitupun juga dengan yang di pasar yang kebersihannya adalah tanggung jawab bersama masyarakat pasar,” ucap Teguh.

Pada apel pagi ini Teguh juga memerintahkan Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta, Heru Sunardi untuk segera memperingatkan pedagang di area Koridor Gatot Subroto dan Ngarsopuro, untuk tetap menjaga kebersihan pedestrian demi menjaga kenyamanan bersama.

Kegiatan Resik-Resik Pasar ini melibatkan 100 personil DLH, 25 Perwakilan Dinas Perdagangan dan Perhubungan Kota Surakarta, Satpol PP dan Ramil 02 Banjarsari Kodim 0735/Surakarta, 25 orang perwakilan Kec. Banjarsari, Kec. Laweyan, Kec. Serengan juga perwakilan Kel. Setabelan dan Kestalan serta 25 personil dari perwakilan pedagang Pasar Legi. []

 

%d bloggers like this: