Solo Raya

Mahasiswa Seni Rupa Murni UNS Persembahkan Pinarak Exhibition “Lingguh Kursi”

SOLO-Mahasiswa Program Studi (Prodi) Seni Rupa Murni Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta persembahkan Pinarak Exhibition. Ini merupakan Pameran Seni Rupa oleh Mahasiswa Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) UNS angkatan 2021. Karya yang ditampilkan adalah milik mahasiswa yang berkarya di Studio Grafis, Lukis, dan Kewirausahaan.

Pinarak Exhibition berlangsung selama tiga hari, mulai Selasa (20/6/2023) hingga Kamis (22/6/2023). Pameran ini bertempat di Galeri FSRD Gedung HB. Sutopo UNS. Fine art exhibition menampilkan beragam karya menarik oleh mahasiswa FSRD UNS. Selain itu, adapula Workshop dan live mural.

Pinarak Exhibition mengangkat tema “Lingguh Kursi”, dimana terdapat keinginan untuk menciptakan ruang berkarya. Kepada uns.ac.id, Ketua Pelaksana Pameran, Vito Ariyanto menjelaskan terdapat lebih dari 50 karya seni grafis, seni lukis, dan instalasi karya original mahasiswa UNS.

“Kita menyediakan sebuah ruang untuk berekspresi dan berkarya. Arti ‘Pinarak’ ini seperti mempersilahkan. Sedangkan ‘Lingguh Kursi’ ini sebagai tempat kita untuk berekspresi,” ujar Vito.

Dyah Yuni Kurniawati, S.Sn., M.Sn., selaku dosen pembimbing melihat pameran sebagai sebuah kebutuhan. Hal ini didasarkan atas segala aktivitas pembuatan karya yang telah dilakukan di studio selama satu semester untuk diapresiasi oleh masyarakat.

“Mahasiswa sebagai seniman akademik harus mempertanggung jawabkan segala yang dikerjakan di studio untuk bisa diapresiasi oleh masyarakat,” tutur Dyah Yuni K., M.Sn.

Dalam pameran ini terdapat pula rancangan bisnis milik mahasiswa Prodi Desain Interior FSRD UNS yang ditampilkan. Mahasiswa mendapat dukungan dari kampus dan pemerintah untuk berwirausaha. Berbagai program percepatan usaha seperti Wirausaha Baru Mahasiswa (WIBAWA) UNS, Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Kewirausahaan.

Plt. Kepala Prodi Seni Rupa Murni UNS, Desy Nurcahyanti, S.Sn., M.Hum., memberikan penilaian positif atas pameran yang tengah diadakan. Beliau berharap bahwa kedepannya akan muncul pameran hingga skala internasional.

“Kita mencoba berinovasi dan mencoba mengemas hasil dari karya mata kuliah ini menjadi sebuah pameran yang layak untuk diapresiasi,” ucap Desy Nurcahyanti, M.Hum. []

%d bloggers like this: