Nusantara

Majelis Keluarga Indonesia Gelar Khitanan Massal Sesi Tiga

JAKARTA-Majelis Keluarga Indonesia (MKI) menggelar Khitanan Massal untuk anak yatim dan dhuafa, Sabtu (1/7/2023). Sebanyak 32 anak mengikuti kegiatan yang berlangsung di Rumah Betawi Babe Haikal Condet, Jakarta Timur.

Ketua Umum MKI Selo Ruwandanu mengatakan Khitanan Massal merupakan¬† kegiatan sosial MKI yang rutin digelar setiap dua bulan. “Kegiatan khitanan massal sudah tiga sesi. Sejak Desember 2022 lalu. Insyaallah rutin setiap dua bulan sekali,” kata Selo saat ditemui di sela-sela acara.

Adapun peserta sesi tiga berasal dari kalangan dhuafa yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya. “Kebanyakan dari sekitar Condet,” ujar Selo.

Menurut Selo, khitanan massal ini sangat penting. Biaya medis khitan yang lumayan tinggi membuat banyak orang tua yang tidak mampu melaksanakan khitan putranya.

“Ini merupakan problem keluarga yang perlu penyikapan MKI,” jelas Selo.

Kedepan, khitanan massal akan digelar di MKI perwakilan provinsi. MKI, kata Selo, pada usianya yang baru satu tahun udah ada pengurusan di 12 provinsi.

“Insyaallah target khitanan massal terdekat diselenggarakan di Tangerang Selatan, Banten dan Bandung, Jawa Barat. Juga di Singkawang, Kalimatan Barat, ” kata Selo.

Sementara itu, khitanan massal MKI sesi tiga ini mendapat apresiasi masyarakat. Dewi Lestari (32), ibu dari peserta Fajar Wahyu (10) berharap kegiatan ini dilakukan secara rutin dan dapat meluas di berbagai tempat.

“Kegiatan ini sangat membantu kami. Apalagi di tengah kondisi ekonomi kami yang pas-pasan,” ujar Dewi.

Dewi ditemani sang paman Widodo (54) bersusah payah berangkat dari rumah nya di Rangkasbitung, Banten ke lokasi khitanan massal di Condet, Jakarta Timur.

“Senang sekali, anak saya bisa dikhitan. Sempat bingung, karena liburan ini anak minta dikhitan. Uang belum ada. Terima kasih MKI sudah adakan khitanan massal gratis,” kata Dewi.[]

%d bloggers like this: