EkBiz

RS PKU Muhammadiyah Wonosari Gelar Bhakti Sosial Tentang Bahaya Kanker

GUNUNGKIDUL-Memperingati Milad ke 27 tahun RS PKU Muhammadiyah Wonosari menyelenggarakan Bhakti Sosial dengan tema Deteksi Dini dan Pencegahan Kanker  Payudara dan Kanker Leher Rahim.

Bekerja sama dengan LazisMu RS PKU Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah Gunungkidul acara ini disosialisasikan di Masjid  Baitul Huda, Piyaman, Wonosari dan pemeriksaannya dilaksanakan di RS PKU Muhammadiyah Wonosari, Ahad, 16 Juli 2023.

Hadir sebagai pembicara dalam acara ini, dr Suswatiningsih, Sp.OG selaku dokter spesialis obgyn di RS PKU Wonosari memberikan pemaparan mengenai bagaimana penyakit kanker sebenarnya dapat dideteksi lebih dini.

Kanker Payudara merupakan penyebab kematian terbesar kanker pada wanita setelah kanker serviks. Hal ini kemudian menjadikan penyakit kanker payudara sebagai momok yang menakutkan bagi kaum perempuan.

Kanker payudara dapat dideteksi sejak dini dengan melakukan pemeriksaan klinis oleh tenaga kesehatan dan dapat juga dilakukan secara mandiri. Faktor resiko yang mempengaruhi munculnya kanker salah satunya adalah tidak melahirkan anak dan ada anggota keluarga yang memiliki riwayat kanker payudara.

Selain kanker payudara, penyakit kanker leher rahim merupakan penyakit yang banyak terjadi di negara berkembang dan paling banyak menyebabkan kematian pada wanita usia pertengahan.

Penyebab kanker leher rahim yakni Human Papilima Virus (HPV)  biasanya muncul tanpa gejala, faktor resiko yang mempengaruhinya antara lain menikah muda, berganti-ganti pasangan dan memiliki riwayat penyakit menular seksual.

Kepala PEP dan Humas Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonosari, Guntur Bayu Murti mengungkapkan bahwa kondisi masyarakat di Gunungkidul, perempuan pada khususnya masih ragu-ragu dan ada rasa malu tentang pengecekan atau deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks.

Dengan sosialisasi ini tentunya akan membuka wawasan masyarakat mengenai pentingnya mengetahui kondisi kesehatan diri sehingga jika lebih cepat terdeteksi maka penanganannya juga akan lebih cepat dan optimal.

Sasaran dari Bhakti sosial ini sendiri adalah perempuaan muda dengan rentang usia diatas 25 tahun dan sudah menikah. Pemeriksaan dini kanker payudara dan kanker serviks dengan metode IVA kali ini diberikan secara gratis.

RS PKU Muhammadiyah Wonosari berharap dengan bermitra dan bekerja sama dengan Nasyiatul Aisyiyah sebagai organisasi perempuan dengan basis anggota yang berusia produktif akan lebih banyak informasi yang dapat tersampaikan kepada masyarakat terutama kaum perempuan mengenai pentingnya deteksi dini penyakit kanker.

“Melalui kader-kader Nasyiatul Aisyiyah, kami mengharapkan nantinya dapat menjadi bagian yang menyebar luaskan informasi kepada masyarakat luas mengenai pentingnya pencegahan dan deteksi dini penyakit kanker. Sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak perlu ragu lagi melakukan pemeriksaan diri ke pelayanan medis maupun deteksi mandiri. Kolaborasi dengan Nasyiatul Aisyiyah akan terus ditingkatkan sebagai wujud komitmen pelayanan kepada masyarakat terutama di wilayah Gunungkidul,”terang Guntur. []