Sport

Semifinal dan Final Piala Dunia U-17 Bakal Digelar di Stadion Manahan Solo

SOLOMeski baru digelar di Indonesia, pada tanggal 10 November hingga tanggal 2 Desember 2023. Namun, laga semifinal dan final Piala Dunia U-17 2023 dipastikan akan digelar di Stadion Manahan, Solo.

Kepastian itu, diungkapkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, saat meninjau seleksi Timnas Indonesia U-17 di Stadion Sriwedari, Solo, Ahad (23/7/2023).

“Kota Solo akan menjadi tempat semifinal dan final Piala Dunia U-17 2023,” kata Erick Thohir.

Alasan dipilihnya Kota Solo, menjadi tempat babak semifinal dan final Piala Dunia U-17 karena dinilai memiliki sejarah panjang di dunia olahraga.

PON pertama kali diselenggarakan Presiden Soekarno di Stadion Sriwedari 1948 silam.

“Siapa tahu sepak bolanya juga membuat sejarah,”ujar Erick.

Selain alasan historis, Erick Thohir juga menyinggung kesiapan Kota Solo sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Erick menyebut Kota Solo sudah dipastikan siap menggelar Piala Dunia U-20 beberapa bulan lalu. Sayangnya, event internasional itu batal.

Erick mengatakan, bahwa dalam waktu dekat tim audit dari FIFA akan datang ke Solo memastikan kembali kondisi Stadion Manahan yang akan menjadi gelanggang Piala Dunia U-17.

“Kota Solo memang ini dulu sudah [siap untuk] U-20. Tapi kita tetap akan mengecek ulang,” ujar Ketua Umum PSSI yang juga menjabat Menteri BUMN.

Meski telah memastikan Stadion Manahan Solo, sebagai tempat digelarnya laga final serta penutup Piala Dunia U-17 2023, namun Erick Thohir menolak bicara banyak soal stadion untuk pembukaan dan penutupan turnamen ini.

“Saya belum bisa bicara opening ceremony dan closing. Tunggu seleksi lapangan dulu. Jangan buka dulu semuanya. Kalau untuk semi final, final, sudah diputuskan,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku telah mengusulkan Solo menjadi venue final dan closing ceremony Piala Dunia U-17. Gibran beralasan Solo sempat mendapat jatah pertandingan paling bergengsi itu di Piala Dunia U-20.

“Dulu kan kita dapat jatah final dan closing ceremony U-20. Kita minta besok final dan closing ceremony U-17 juga bisa diadakan di sini lagi,”ujar Putra Sulung Presiden Jokowi itu. []

 

%d bloggers like this: