Solo Raya

SLF Gelar Diskusi ‘Partisipasi Institusi Islam dalam Pemilu Damai 2024’

SOLO– Solo Leader Forum (SLF) mengadakan kegiatan Diskusi “Partisipasi Institusi Islam dalam Pemilu Damai 2024”. Acara tersebut diikuti oleh 32 pondok pesantren dan Mahad se Soloraya diselenggarakan di RM Bakso Kadipolo Solo, Rabu (13/12).

Solo Leader Forum merupakan forum Asatidzah se Solo Raya yang bergerak dalam membicarakan kondisi bangsa dan agama kekinian serta peran apa yang bisa dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat dan bangsa.

Inisiator Solo Leader Forum dikoordinir oleh Ustadz Alfian Tanjung dan dibersamai oleh Ustadz Muzayyin Marzuqi, Ustadz. Shobarin Syakur, Ustadz Muh. Halim dan Ustadz. Nashiruddin.

Dalam keterangannya, Ustadz Nashiruddin menjelaskan, latar belakang kegiatan adalah selama ini peran serta pondok dan Ma’had (Institusi Islam) dalam perhelatan proses pemilu belum sesuai harapan dan pemahaman akan aturan Pemilu.

Selain itu, belum dimiliki oleh para Pengurus Yayasan dan Pondok sehingga perlu dibuat forum khusus untuk memberikan informasi yang utuh terkait dengan proses pemilu di Indonesia.

Dalam acara tersebut  juga diadakan sosialisasi dan pembekalan tentang aturan-aturan dalam pemilu yang disampaikan oleh Moch. Aminnudin, SH.

Banyak hal menarik yang didapatkan saat diskusi karena kebanyakan peserta masih awam tentang tahapan pemilu, potensi kecurangan, sistem perhitungan dan bagaimana caranya agar santri bisa ikut berperan dalam Pemilu saat berada di Pondok.

Acara di tutup dengan pembacaan Pernyataan Sikap dan Ajakan untuk Mensukseskan Pemilu Damai 2024. []

%d bloggers like this: