Jalan-Jalan

Daop 6 Yogyakarta Akan Sulap Stasiun Klaten Menjadi Beautikasi

KLATENKereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta tengah berupaya mempercantik kawasan Stasiun Klaten. Perwajahan Stasiun Klaten nantinya dapat memberikan efek “mengundang”, sehingga dapat meningkatkan kunjungan di kabupaten Klaten.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan perwajahan Stasiun Klaten nantinya dapat menjadi identitas atau simbol yang memberikan kesan pertama bagi pengguna kereta api dari luar kota sebelum memasuki jantung kota Klaten.

Menurutnya Stasiun Klaten sebagai pintu gerbang utama yang dilalui para pendatang dari luar kota, baik untuk tujuan wisata ataupun lainnya. Beautifikasi Stasiun Klaten ini dilakukan salah satunya sebagai upaya mendukung Kabupaten Klaten untuk terus tumbuh.

“Oleh karena itu upaya mempercantik perwajahan Stasiun Klaten ini kami lakukan dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Klaten tentunya, akan menjadi kolaborasi yang baik dalam rangka memberikan nilai tambah bagi masyarakat,”ungkapnya, Kamis (06/06/2024).

Melalui beautifikasi ini, lanjut Krisbiyantoro tentunya akan menjadi peluang tersendiri bagi Kabupaten Klaten untuk meraih tingkat kunjungan yang lebih baik lagi dengan adanya peningkatan layanan transportasi perkeretaapian.

Stasiun klaten akan menjadi lebih luas di beberapa area seperti ruang tunggu dan area parkir sehingga dapat mengakomodir lebih banyak penumpang serta meningkatkan kenyamanan pelanggan KA.

Fasadnya juga akan dipercantik dengan konsep open space agar terasa lebih lega juga tentunya tanpa mengubah heritage stasiun itu sendiri.

“Saat ini proses beautifikasi stasiun klaten masuk tahap persiapan dimana sudah dilakukan penertiban dan penataan kawasan di sekitar stasiun. Prosesnya berjalan telah kondusif dan tentunya kami berterima kasih atas dukungan pemerintah serta masyarakat. Beautifikasi ini kami targetkan rampung dan melayani pelanggan dengan baik pada 2024 ini,”jelasnya.

Ia mengaku melalui beautifikasi ini pihaknya semakin bersemangat dalam memberikan peningkatan layanan kepada pelanggan.

Stasiun Klaten merupakan stasiun yang terus tumbuh yang ditandai dengan volume penumpang yang jumlahnya semakin naik dari tahun ke tahun.

Hal itu terlihat dari data Daop 6 yang menunjukkan jumlah penumpang yang terus naik sejak adanya wabah Covid-19,dimana pada tahun 2021 terdapat volume penumpang sebanyak 187.342, sedangkan tahun 2022 terdapat peningkatan sebesar 136% dari 2021 menjadi 442.470 penumpang. Sedangkan untuk tahun 2023 terdapat peningkatan sebesar 217% dari 2022 menjadi 593.408 penumpang, kemudian di tahun 2024 dan selanjutnya diprediksi akan terus meningkat.

Sementara itu data dari Daop 6 menyebutkan saat ini jumlah penumpang KA jarak jauh di Stasiun Klaten rata – rata perharinya mencapai 800 penumpang. Untuk penumpang KRL mencapai 1.300 penumpang perharinya.

Kereta yang dilayani Stasiun Klaten juga banyak dan beragam. Hampir semua daerah dilayani perjalanan KA menuju kota ini yakni sebanyak 64 KA antar kota dan 30 KA perkotaan yang terdiri dari 24 perjalanan KRL dan 6 perjalanan KA Bandara Internasional Adi Soemarmo. [WWK]