Karang Taruna Tunas Harapan Gelar Festival Merah Putih

Date:

SUKOHARJO-Dalam rangka menyongsong Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 Tahun 2024, Karang Taruna Tunas Harapan Dukuh Nawud, Desa Tegalmade, Kecamatan Mojolaban, menggelar Festival Merah Putih.

Pelaksanaan kegiatan Festival Merah Putih dilaksanakan selama 13 hari yang dimulai tanggal 11 – 24 Agustus 2024.

Kegiatan Festival Merah Putih yang sudah dilaksanakan ke dua kalinya, dan di tahun ini festival mengusung tema “Nyawiji Sesarengan Mbangun Nawud dengan Konsep Tempo Doloe”.

Disimbolkan dari pakaian yang dikenakan tempo dulu, sajian kuliner khas tempo dulu, musik lesung tempo dulu, fashion show tempo dulu, klenengan tempo dulu dan masih banyak lagi.

Hanan Hamid Ridwan selaku Ketua Karang Taruna Tunas Harapan menyampaikan bahwa, pelaksanaan Acara Festival Merah Putih ini adalah untuk menggerakkan para pelaku usaha dan tempo dulu yang sudah jarang dijumpai.

“Selain itu festival ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas generasi muda dan masyarakat di Dukuh Nawud,” imbuhnya.

Seremoni Pembukaan Festival Merah Putih ini dimulai dengan senam SKJ, dilanjutkan dengan pertunjukan seni musik lesung, pameran kuliner khas tempo dulu, fashion show pakaian tempo dulu, menerbangkan 1000 balon merah putih, pembagian doorprize, dan penampilan organ tunggal djoss irama.

“Kegiatan ini, selain untuk menguatkan silaturahim dan kebersamaan antar warga juga untuk mengangkat potensi yang ada di Dukuh Nawud baik kuliner, UMKM dan juga kesenian tempo dulu yang masih memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga Dukuh Nawud bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas,” tutur Sumarno, Pembina Karang Taruna Tunas Harapan.

Serangkaian acara menarik lainnya yang juga digelar di antaranya seperti, lomba anak-anak, penampilan karawitan Esti Iromo, kajian akbar, sosialisasi anti hoax, dan pesta kembang api.

Harapan dari Ketua Karang Taruna Dukuh Nawud adalah semoga ke depannya karang taruna dan masyarakat Dukuh Nawud kompak dan terus mengadakan acara-acara yang kreatif, inovatif, solutif dan bermanfaat untuk masyarakat.

Hanan juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan Acara Festival Merah Putih Tahun 2024 ini. []

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Dorong Investasi, Pemprov Jateng Siap Fasilitasi Aglomerasi Solo Raya

SOLO-Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap mendukung konsep aglomerasi Solo...

“Jumat Berduka” Aksi Protes Kebiadaban Serangan Zionis Israel di Gaza Utara

JAKARTA-Majelis Ormas Islam (MOI) bersama ribuan massa dari berbagai...

Latih Kemandirian SD Muh 21 Solo Gelar Cooking Class

SOLO-Sebanyak 47 siswa Kelas I, II, dan III SD...

Siswi SMP Batik Program Khusus Wakili Solo Lomba MAPSI Tingkat Provinsi

SOLO-Salah satu siswi SMP Batik Program Khusus Surakarta kembali...