Datangi DPRD, Aliansi Solo Raya Tolak Kedatangan Timnas Israel ke Indonesia

Date:

SOLO-Aliansi Solo Raya (Ansor) pada Selasa siang 7 maret 2023 menggelar aksi unjuk rasa di DPRD Solo. Dalam aksinya itu, mereka meminta Presiden Jokowi untuk menolak tim nasional israel yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Sambil membentangkan spanduk, mereka menyatakan sikap untuk menolak tim nasional israel yang akan berlaga di Piala Dunia U-20, dimana Indonesia menjadi tuan rumah dalam ajang bergengsi tersebut.

Koordinator aksi, Endro Sudarsono mengatakan bahwa aksi yang dilakukan ini adalah untuk menyampaikan surat kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Puan Maharani selaku Ketua DPR RI.

“Kami mengirimkan surat kepada Pak Presiden Jokowi, dan Mbak Puan Maharani selaku Ketua DPR RI lewat DPRD Solo. Pada intinya kami menolak delegasi Israel main di Piala Dunia U-20, dengan pertimbangan Israel adalah penjajah, dengan konstitusi Indonesia melakukan perlawanan penjajahan di manapun,” kata Endro saat ditemui di DPRD Solo, Selasa (7/3/2023).

Surat yang disampaikan tersebut berisikan surat penolakan tim nasional israel yang rencananya akan berlaga di ajang Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Menananggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Solo, Sugeng Riyanto menjelaskan bahwa pihaknya akan melanjutkan apa yang menjadi diminta oleh para pengunjuk rasa, yakni menyampaikan surat kepada Presiden RI Joko Widodo dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

“Saya percaya dan yakin, pemerintah masih memiliki sikap yang sama dengan Presiden pertama RI Soekarno, menolak keras terhadap penjajahan, dan Israel bagian itu. Konsekuensinya adalah menolak Israel di perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia,” kata Sugeng.

Pemerintah maupun PSSI, sambung Sugeng, harus berkomunikasi dengan FIFA terkait hal tersebut. Alasannya, karena hal tersebut mengacu pada konstitusi.

“Dari UUD 1945 sudah mengamanahkan seperti itu. Tinggal teknis saja, tapi sikap tegas kita juga harus ditunjukkan,” ujarnya.

Sugeng memprediksi jika timnas Israel U-20 tetap berlaga di Indonesia, akan ada dua hal yang terjadi. Yang pertama pemerintah akan berhadapan dengan rakyat sendiri, karena banyaknya yang menolak Israel. Kedua, akan menjadikan delegitimasi bagi pemerintahan sekarang.

Sugeng menegaskan bahwa setelah ini pihaknya memastikan bahwa surat tersebut akan segera dikirim kepada Presiden dan Ketua DPR RI, seperti apa yang diminta oleh para pengunjuk rasa tersebut.

Seperti diketahui, tim nasional israel dipastikan lolos ke Piala Dunia U-20. Dengan begitu, timnas dari negara zionis tersebut bakal berlaga di Indonesia yang ditunjuk federasi sepak bola dunia (FIFA) sebagai tuan rumah ajang bergengsi tersebut pada 2023.

Adapun piala dunia U-20 berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Dimana Indonesia telah menawarkan enam stadion yang diinspeksi oleh FIFA.

Lokasinya adalah Stadion Jakabaring (Kota Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), Stadion Manahan (Kota Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Kota Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Kabupaten Gianyar). []

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Golkar Jawa Tengah: Kemenangan Ahmad Luthfi-Gus Yasin Harga Mati

SUKOHARJO-Partai Golkar Jateng, telah menggerakkan seluruh elemen partai untuk...

Tim Robotik MIM PK Bendungan Raih Piala di Ajang IRC Nasional 2024

SUKOHARJO-Tim robotik MIM PK Bendungan berhasil meraih prestasi gemilang...

Polresta Surakarta Gelar Operasi Cipta Kondisi Jelang Pilkada 2024

SOLO-Kepolisian Resor Kota ( Polresta) Surakarta mengintensifkan patroli malam...

Dorong Investasi, Pemprov Jateng Siap Fasilitasi Aglomerasi Solo Raya

SOLO-Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap mendukung konsep aglomerasi Solo...