Sambut Kemerdekaan RI, Ratusan Siswa SD Mencuci Bendera Bersama

SOLO – Menjelang peringatan hari kemerdekaan RI ratusan siswa sekolah dasar di Solo melakukan aksi cuci bendera merah putih secara massal. Dengan kegiatan ini diharapkan tertanam nilai kebersihan dan memupuk cinta dan bela negara para siswa secara dini.

Dengan membawa bendera merah putih dan peralatan mencuci dari rumah masing-masing, ratusan pelajar sekolah dasar SD Nayu Barat kec Banjarsari bersama-sama mencici bendera merah putih. Senin (12/8).

Mereka ditugaskan membawa bendera merah putih yang dimiliki para siswa di rumah, untuk dicuci bersama agar bersih, sebelum dikibarkan didepan rumah mereka masing masing.

Dengan semangat para siswa mencuci bendera sambil menyanyikan lagu lagu nasional seperti lagu perjuangan dan Hari Merdeka. Proses pencucian dan pembilasan yang dilakukan di halaman sekolah yang mendapatkan pengawasan langsung oleh guru-guru mereka.

Para siswa mengakui baru pertama kali ini mencuci bendera dan sangat senang dengan kegiatan mencuci bendera merah putih. Harapannya bendera merah putih simbol negara Indonesia bisa bersih dan berkibar membanggakan di peringatan hari kemerdekaan nanti.

Selesai mencuci dan membilas ratusan siswa ini kemudian menjemur bendera bendera yang sudah bersih/ di tali yang sudah dipersiapkan pihak sekolahan.

Menurut Dwi Retnowati, salah seorang guru SD Nayu menyebutkan, acara ini dilakukan untuk mengembangkan karakter bersih, cinta tanah air dan bangsa sejak dini.

“Dengan hal sederhana seperti mencuci bendera, siswa menjadi tahu bagaimana cara menghargai dan menghormati salah satu simbol negara tersebut,” ujarnya.

Selanjutnya, bendera-bendera milik siswa tersebut, akan dipasang di rumah masing-masing siswa dan bendera milik sekolahan akan dipasang di sekolah mereka. []

 

 

%d bloggers like this: