Resmikan Gedung Sentra IKM Pemkot Berharap Industri Kreatif Berkembang

Date:

SOLO – Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo, Jumat (11/9/2020) meresmikan Gedung Sentra IKM (Industri Kecil Menengah) Semanggi Harmoni, di  Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta. Sentra IKM berdiri di atas lahan seluas 5000 meter persegi yang dibangun dengan anggaran Rp. 23 Milyar dalam dua tahap.

FX Rudy dalam sambutannya, mengatakan, keberadaan IKM Centre di Kota Surakarta diharapkan menjadi pendorong industri UMKM kreatif di Surakarta. “Semoga semua fasilitas di IKM Semanggi ini bisa segera dimanfaatkan para pelaku industri kecil dan menengah di Kota Surakarta ini,” ucap Walikota.

Gedung sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Kreatif yang beralamat di Jalan Sungai Serang I No 20, Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon nantinya, lanjut Rudy, akan menjadi salah satu pusat pengembangan industri kreatif yang menjadi yang tulang punggung pengembangan UMKM di Kota Surakarta.

Dalam Peresmian Gedung IKM tersebut sekaligus diresmikan Sekretariat Dekranasda Kota Surakarta.

Walikota kembali berharap,”IKM Centre iki diharapkan bisa dikembangkan lagi karena lahan masih cukup luas.”

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Ariani Indriastuti menerangkan, IKM Centre yang sudah berdiri sejak awal tahun 2019, telah melakukan beberapa kegiatan produksi dan telah menerima kunjungan studi tiru dari berbagai pihak dan daerah.

“IKM sendiri telah melakukan berbagai kegiatan produksi dan kunjungan studi komparasi, namun sejak Maret 2020 pada awal Pandemi Corona kegiatan sempat terhenti. Aktif (kegiatan) kembali mulai 1 Juli 2020,” ungkapnya.

Pemkot sejak berdirinya IKM sudah menjalin kerjasama dengan berbagai UMKM khususnya komunitas yang nantinya akan mengisi Sentra IKM Kreatif tersebut untuk memajang dan memasarkan karyanya.

Gedung Sentra IKM Kreatif selain befungsi sebagai show room produk-produk industri kreatif, juga menyediakan ruang workshop. Selain itu ada ada juga bidang pelatihan tentang manajemen maupun penciptaan desain dan produk baru.

Dalam peresmian Gedung Sentra IKM tersebut, Pemkot juga meluncurkan Lima Program Aksi Perubahan Kinerja Pelayanan Publik Kota Surakarta yakni Sistem Informasi Bantuan Sosial untuk Penyaluran BPMKS Tepat Sasaran dan Portal Kurikulum Berkarakter, keduanya di Dinas Pendidikan Kota Surakarta; Mekanisme Pelaksanaan Kerjasama Daerah dan Pedoman Penyusunan Laporan Kinerja Perangkat Daerah Terpadu.

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Latih Kemandirian SD Muh 21 Solo Gelar Cooking Class

SOLO-Sebanyak 47 siswa Kelas I, II, dan III SD...

Siswi SMP Batik Program Khusus Wakili Solo Lomba MAPSI Tingkat Provinsi

SOLO-Salah satu siswi SMP Batik Program Khusus Surakarta kembali...

Miras Beredar Bebas, MUI Solo Desak Pemkot Tutup Café

SOLO-Maraknya peredaran miras di Solo yang kian hari kian...

Yayasan Alif Smart Gelar Dongeng dan Galangan Dana untuk Palestina

SOLO-Konflik antara Palestina dan Israel terus berlangsung hingga menyebabkan...