EkBiz

Bank Jateng Launching Kredit Murah

SOLO-Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri Launching Kredit Murah Bank Jateng di Bank Jateng Kantor Cabang Koord Surakarta, Jum’at (9/9/2022).

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan serentak di seluruh Jawa Tengah kepada debitor secara simbolik. Kredit Mitra Jateng 25 dan Kredit Lapak Murah diresmikan dengan pemutaran permainan otok-otok oleh Direktur Bank Jateng, Dewan Komisaris Bank Jateng, Walikota Surakarta, dan Gubernur Jawa tengah.

Bank Jateng secara resmi meluncurkan layanan kredit Mitra Jateng serta Kredit Lapak Murah untuk membangkitkan optimisme para UMKM dan pedagang Pasar Tradisional Kota Solo di tengah situasi pasca pandemi Covid-19.

Melalui kredit ini, banyak keuntungan yang diberikan kepada para nasabah. Mulai dari bunga kredit yang rendah yakni 3 persen dan 2 persen, proses pengurusannya yang mudah, jangka waktu angsuran yang cukup lama hingga tiga tahun atau 36 bulan, dan angsuran yang ringan serta terjangkau. Tidak hanya itu, plafond yang diberikan bahkan mencapai maksimal Rp 25 juta.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ditemui seusai acara menyampaikan bahwa Kredit Mitra Jateng dan Kredit Lapak Murah ditujukan untuk ibu-ibu pedagang pasar dan pelaku industri kecil rumahan, dengan bunga sangat ringan.

“Bank Jateng melakukan respon untuk Usaha Kecil Menengah. Satu adalah Kredit Lapak ya mudah, murah, terimanya utuh bunganya cuma 2 persen. Dulu kami menginisiasi Kredit Mitra Jateng platfromnya 25 juta suku bunganya 7 persen dan hari ini kita turunkan menjadi 3 persen dan itu betul butul hanya untuk UKM saja termasuk mereka mereka yang sudah bekerja, mohon maaf pasar ya tadi sudah melihat produk mereka ada jamu, ada sembako, ada gorengan ada macem-macem yang insyaallah ini akan membantu mereka ditengah situasi yang sulit, ” jelas Ganjar.

Ganjar juga menyampaikan apresianya untuk Bank Jateng karena telah berkontribusi untuk pemulihan perekonomian di Jawa Tengah.

“Maka bank jateng kami mengapresiasi karena dalam situasi yang sulit ini ikut berkontribusi menyelesaikan persoalan itu sehingga masyarakat dalam akses permodalan dimudahkan digampangkan dan ya relatif bunganya sangat rendah sekali. Kita tadi tanda tangan serentak angkanya 6 milyar lebih sedikit seluruh Jawa Tengah serentak tadi ya, ” tambahnya.

Selain itu Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno menjelaskan terkait dengan Kredit Lapak Murah yang bunganya relatif ringan.

“Bunganya harusnya 7 persen  tetapi mendapat subsidi ditahun pertama 5 persen sehingga bunganya 2 persen. Nah ini khusus untuk pedagang tradisional dengan maksimum platformnya 25 juta. Dan tanpa ada biaya tambahan apapun juga. Pagi ini kita adakan dengan me launching kredit lapak murah di seluruh cabang Bank Jateng. Untuk nanti yang berminat bisa langsung menghubungi cabang dan kita akan langsung ke pasar-pasar, ” ungkapnya.

baca: RSUD Dr. Moewardi Berhasil Angkat Pseudotumor pada Pasien Hemofilia A dengan Inhibitor

Supriyatno juga menambahkan tentang Kredit Mitra Jateng yang ditujukan untuk membantu pelaku UMKM di wilayah Jawa Tengah.

“Kemudian kredit satunya yaitu Kredit Mitra Jateng 25 yang sebelumnya kurs itu sudah  9 persen sehingga kita bunganya terendah. Nah ini kita turunkan jadi 3 persen untuk pengusaha-pengusaha UMKM. Mitra Jateng itu diluncurkan pertama tahun 2016. Dengan adanya Mitra Jateng ini kita mendapatkan apresiasi dari Pak Jokowi. UMKM sudah ada 26470 ribu yang sudah dibiayai, syaratnya sangat mudah yang penting punya usaha, ” terang Supriyanto. []