Kuliner

Mencicipi Durian Super Lokal Khas Merapi Dagingnya Lembut dan Tebal

KLATEN-Pecinta buah durian jangan lewatkan ketika berkunjung ke kawasan lereng Merapi untuk mampir ke Pasar Kembang, Desa Keputran, Kecamatan Kemalang.

Durian super lokal khas lereng Merapi itu tekstur dagingnya yang lembut dan tebal. Rasanya manis dan tidak terlalu pahit, sehingga banyak disukai pembeli. Durian yang tumbuh dan berkembang hanya di wilayah kecamatan Kemalang itu kini tengah menjadi primadona.

Salah satu pengepul buah durian, Joko Untoro (41) mengaku mampu menjual buah durian dengan berbagai jenis hingga 3 ribu biji perhari.

“Untuk super lokal yang dibandrol dengan harga Rp.70 ribu per biji itu sudah premium dan dijamin manis rasanya,”ujarnya.

Joko mengatakan di tempatnya tidak hanya melayani pedagang untuk dijual kembali, namun juga mengirimkan ke luar kota.

“Biasanya saya kirim ke Semarang, Jakarta hingga Bogor. Selain super lokal, juga masih ada Bawor, Musang King hingga Durian Kunyit,”terangnya.

Sejumlah wisatawan tampak menyempatkan untuk mampir ke pasar Kembang menikmati buah durian khas lereng Merapi.

Salah satu wisatawan, Angga asal Sleman DIY mengaku sebagai pelanggan setia untuk menikmati buah durian lereng Merapi tersebut.

“Setiap musim panen tiba selalu menyempatkan kesini. Demi untuk berburu buah durian super lokal sampai harganya Rp.120 ribu pun tetap rela, karena rasanya sangat enak,”ucapnya. []

%d bloggers like this: