Solo Raya

SD Birrul Walidain Boyong Medali di Perlombaan Matematika Tingkat Dunia

SRAGEN-Santri SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen berhasil membawa pulang medali perunggu dalam ajang perlombaan matematika tingkat internasional, yaitu International Mathematics Contest (IMCS) 2023 yang berlangsung di negara Singapura pada 28-31 Juli 2023.

Seremonial penyerahan piagam dan medali dilaksanakan di sekolah pada Senin, 7 Agustus 2023 oleh kepala sekolah SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, Ustadz Annas Sayyidina dalam apel pagi.

Aqeel Adrian Adyatama, santri pemenang medali perunggu mengaku sangat senang dan tidak menyangka dapat memenangkan perlombaan tingkat internasional tersebut dan membawa pulang medali perunggu. Ia harus bersaing dengan 557 peserta dari 10 negara yaitu, Australia, Tiongkok, Filipina, Hong Kong, Indonesia, Makau, Malaysia, Thailand, Taiwan, dan Vietna.

“Saya sangat senang bisa memenangkan perlombaan itu [IMCS 2023], awalnya tidak menyangka bisa mendapat medali perunggu,” kata Aqeel saat diwawancarai, Senin (7/8/2023).

Persiapan yang ia lakukan menuju kejuaraan dimulai dari mempelajari materi lomba dari buku dan bimbingan secara intensif.

“Sebelum berangkat ke Singapura saya mengikuti karantina selama seminggu di Bogor tanggal 23-27 Juli, baru berangkat ke Singapura pada 28-31 Juli untuk perlombaan,”lanjutnya.

Aqeel mengaku mulai menekuni bakatnya di bidang matematika sejak mengikuti Kompetisi Matematika Suprasional (KOMAS) pada Mei 2023 di Bogor.

“Suka matematika sejak ikut Komas pada Mei kemarin, harapan saya bisa ikut perlombaan lainnya,” imbuh Aqeel yang merupakan putra dari pasangan Rio Adriarsa dan  Rachmawati.

Kepala Sekolah SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, Ustadz Annas Sayyidina, mengucapkan selamat atas keberhasilan Aqeel dalam perlombaan matematika tingkat internasional tersebut.

“Saya yakin Aqeel mendapat pengalaman yang luar biasa yang dapat menjadi bekal untuk kedepannya, sekaligus menjadi penyemangat bagi santri lain agar terus berprestasi,” kata Ustadz Annas dalam wawancara, Senin (7/8/2023).

Ustadz Annas yakin di balik medali perunggu yang diperoleh Aqeel dalam kejuaraan internasional tersebut terdapat kerja keras yang dilakukan sebelumnya.

“Pasti ada usaha yang keras, belajar sungguh-sungguh dan tidak mengenal lelah sehingga mendapatkan sesuatu yang menjadi impiannya [medali perunggu dalam IMCS 2023],” lanjut Ustadz Annas.

Apa yang diperoleh Aqeel sejalan dengan visi dan misi sekolah yaitu berwawasan global, yang pada tahun ini sekolah membuka International Class Program bekerja sama dengan Cambridge International School.

“Semoga santri SD Birrul menjadi generasi yang berkarakter Qur’an dan memiliki wawasan internasional,” pungkas Ustadz Annas. []