Pemkab Boyolali Sukses Gelar Festival Thek-Thek Tahun 2024

Date:

BOYOLALI-Kelompok kesenian dari Kecamatan Cepogo, Sanggar Pramesthi berhasil membawa pulang Juara I Festival Thek Thek Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bekerjasama dengan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Boyolali.

Kelompok seni tersebut berhasil menyisihkan belasan kelompok seni lainnya yang berasal dari kecamatan se-Kabupaten Boyolali. Penyerahan hadiah dilakukan pada Kamis (22/08/2024) di Gelanggang Anuraga Kabupaten Boyolali.

Kepala Diskominfo Kabupaten Boyolali, Bony Facio Bandung menjelaskan bahwa Festival Pertunjukan Rakyat digelar di Gelanggang Anuraga Kabupaten Boyolali, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, selama dua hari yakni hari pertama pada Kamis (08/08/2024) dan hari kedua yakni Jumat (09/08/2024). Dengan tujuan antara lain mempromosikan keberagaman budaya lokal dan mendukung program pemerintah dalam pemberantasan rokok illegal.

“Pemerintah harus hadir dalam melestarikan seni tradisi yang ada di Kabupaten Boyolali terutama seni tradisional seperti Thek Thek. Agar bisa mempromosikan seni tradisi yang ada di Kabupaten Boyolali serta Gempur Rokok Ilegal,” ungkap Bony.

Peserta menyajikan pertunjukan teater rakyat dengan unsur lakon, musik dan lagu tradisi dengan menggunakan alat musik berbahan dasar bamboo dan kayu.

Kegiatan tersebut sangat diapresiasi oleh Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, Wahyu Irawan yang secara langsung menyerahkan hadiah festival. Karena menurutnya, melalui Festival tersebut, masyarakat dapat lebih mengenal seni budaya yang dimiliki Kabupaten Boyolali.

“Selamat kepada para pemenang. Mudah mudahan dengan Festival Thek Thek bisa memberikan semangat pada masyarakat terutama seniman di Kabupaten Boyolali. Saya yakin, dengan seringnya diadakan festival ini, minat atau animo akan tumbuh,” ungkap Wabup yang kerap disapa Iwan ini.

Ketua Sanggar Pramesthi, Sulaiman mengaku senang mendapatkan Juara I Festival Thek Thek tersebut dengan menampilkan Legenda Sendang Nyi Kunthi.

“Alhamdulillah, di tahun 2024 ini mendapatkan Juara Pertama. Semoga anak anak adik adik lebih giat berlatih,” ujarnya.

Kelompok kesenian dari Kecamatan Cepogo yang berhasil menjadi Juara I berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp 10 juta. Sedangkan Juara II diraih oleh kelompok seni Sanggar Teather Blandong Kecamatan Karanggede yang membawa pulang hadiah Rp 7,5 juta, Juara III diraih oleh kelompok seni Sanggar Wisanggeni Kecamatan Andong yang membawa pulang hadiah Rp 5 juta.

Kemudian, Juara Harapan I diraih oleh kelompok seni Disabilitas Karya Manunggal Kecamatan Sambi yang membawa pulang hadiah Rp 3,5 juta dan Harapan II kelompok seni Sanggar Bijahil Musthofa Kecamatan Klego yang membawa pulang hadiah sebesar Rp 3 juta. Juara Harapan III diraih oleh kelompok seni Krido Kawentar Kecamatan Musuk yang membawa pulang hadiah Rp 2,5 juta.

Juara Favorit I dari kelompok seni Suko Pari Suko Kecamatan Boyolali yang membawa pulang hadiah sebesar Rp 2 juta. Juara Favorit II dari kelompok seni Karanggayam Ambudaya Kecamatan Sawit yang membawa pulang hadiah sebesar Rp 1,5 juta. Dan, Juara Favorit III dari kelompok seni Gama Tama Kecamatan Selo yang membawa pulang hadiah sebesar Rp 1 juta. []

 

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Miras Beredar Bebas, MUI Solo Desak Pemkot Tutup Café

SOLO-Maraknya peredaran miras di Solo yang kian hari kian...

Yayasan Alif Smart Gelar Dongeng dan Galangan Dana untuk Palestina

SOLO-Konflik antara Palestina dan Israel terus berlangsung hingga menyebabkan...

Ketua F-FPKS Abdul Ghoni, Imbau Pj. Walikota Tegal Jaga Netralitas ASN di Pilkada

TEGAL-Kota Tegal menjadi kota paling dinamis dalam tata kelola...

Aggota Komisi XII DPR RI Berharap Kabinet Merah Putih Bawa Perubahan Nyata

JAKARTA-Muh Haris, Anggota DPR RI Fraksi PKS, menyampaikan dukungan...