Solo Raya

14 Kali Berturut-turut, Laporan Keuangan Solopeduli Raih WTP

KARANGANYAR-Laporan keuangan Solopeduli tahun 2022 kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Siswanto.

Dengan diperolehnya predikat tersebut, Solopeduli berturut-turut meraih opini WTP ke-14 kalinya sejak 2009. Perolehan WTP merupakan apresiasi kepada Solopeduli dalam manajemen lembaga dari sisi keuangan yang dilakukan secara profesional, transparan, dan akuntabel.

Penandatangan Laporan Audit dilakukan oleh Ketua Yayasan sekaligus Direktur Utama Solopeduli, Sidik Anshori, S.Sos.I.; Sekretaris Yayasan, Sigit Ari Hastomo S.E; dan Bendahara Yayasan, Eni Widiastuti S.Sos.,. Turut hadir Direktur Keuangan Solopeduli, Hafid Tamimi S.E untuk membersamai kegiatan serah terima laporan audit ini.

Kegiatan berlangsung di Kantor Pusat Solopeduli, Kompleks Griya Smart, Jl.Tentara Pelajar, Jetak, Bolon, Colomadu, Karanganyar, Jumat (01/09/20223).

Berdasarkan laporan keuangan yang diaudit, jumlah total penghimpunan ZIS (Zakat, Infaq, dan Sedekah) Solopeduli selama 2022 sebanyak 35,5 miliar. Jumlah ini mengalami peningkatan penghimpunan sebanyak 4,64% dari tahun sebelumnya, dengan jumlah penerima manfaat mencapai 489.187 jiwa.

Sidik mengatakan, hasil audit lembaga eksternal menjadi salah satu indikator LAZ SOLOPEDULI semakin dipercaya masyarakat. Sehingga semakin banyak jumlah masyarakat yang menitipkan dananya melalui Solopeduli.

Sidik juga menambahkan, hasil audit eksternal menjadi salah satu tolok ukur profesionalitas lembaga amil zakat.

“Ketika Solopeduli bisa meraih WTP yang ke-14 ini, berarti menunjukkan Solopeduli telah dikelola sesuai standar pengelolaan dana ZISWAF dan sesuai standar akuntansi,” ucapnya.

Menurutnya, semua capaian tersebut tidak lepas dari bantuan banyak pihak, terutama para donatur, relawan, dan amil. Karenanya, Sidik mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu pelaksanaan program Solopeduli.

“Semoga dengan pemberdayaan ini, semakin banyak  kemaslahatan dibagikan,” harapnya. []

%d bloggers like this: