Solo Raya

Kasau Lantik 240 Perwira Baru Setukpa Angkatan ke-22

SOLO – Sejumlah 240 perwira baru dilantik oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna., S.E., M.M. pada upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Perwira Siswa Setukpa Angkatan ke-22 di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Jumat (22/11).

Dalam sambutannya Kasau menyampaikan bahwa kita harus mampu mengubah mindset di mana pola kepemimpinan di era informasi tidak bisa mengedepankan top down policy saja, namun harus dilengkapi dengan bottom up inovation dari para personel di setiap jajaran. Hal inilah yang menjadi harapan saya, para perwira TNI Angkatan Udara khususnya perwira mantan siswa Setukpa Angkatan ke-22 yang hari ini dilantik.

“Jika kalian mampu melalui pendidikan di tempat ini berarti kalian juga mampu menghadapi tugas kalian yang telah menanti. Bekerjalah tanpa pamrih, jagalah kehormatan diri dan kebanggan keluarga kalian,” ujar Kasau.

Pada kesempatan lain, Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Adrian P. Damanik, S.T., menjelaskan bahwa setelah dilantik seluruh siswa Setukpa Angkatan ke-22 akan menyandang pangkat Letnan Dua yang selanjutnya mereka akan memperoleh wilayah penugasan baru.

“Para perwira ini bertugas memimpin lingkup-lingkup kecil di satuan-satuan TNI AU sebagai perwira pertama,” ungkap Danlanud.

Pendidikan Setukpa TNI Angkatan Udara Angkatan ke-22 ini diikuti sebanyak 240 siswa, terdiri dari 221 siswa pria dan 19 siswa wanita Angkatan Udara (Wara). Para mantan siswa Setukpa TNI AU Angkatan ke-22 ini sebelumnya telah menempuh pendidikan selama 8 bulan di Skadron Pendidikan (Skadik) 401 Lanud Adi Soemarmo. Terpilih sebagai lulusan terbaik adalah Letda Adm Nanang Yulianto kelahiran Sragen, 7 Juli 1977 asal satuan Smin Asrena Kasau.

Upacara pelantikan dan pengambilan Sumpah Perwira Setukpa Angkatan ke-22 ini, dimeriahkan demo unjuk kebolehan kolone pedang, kolone senapan yang dibawakan mantan siswa Setukpa A-22 dan drum band dari SD Angkasa Lanud Adi Soemarmo serta sanggar tari Sasonojumantoro.

Sebelum Upacara pelantikan dan pengambilan Sumpah Perwira Setukpa Angkatan ke-22 ini, telah dilaksanakan penutupan pendidikan Setukpa A-22 tanggal 21 November 2019, yang ditutup oleh Komandan Kodiklatau Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M., di Skadik 401 Lanud Adi Soemarmo.

Hadir pada upacara pelantikan ini para pejabat dari Mabesau, pejabat kodiklatau serta sejumlah tamu undangan dari Pemda, TNI Polri Surakarta dan Kabupaten Boyolali.